Game Free Fire Error Kesalahan Sambungan, Ini Penyebabnya

Sebagai salah satu game battle royale terpopuler, FF tak lepas dari masalah. Beberapa kali pengguna melaporkan kenapa Free Fire error kesalahan sambungan yang menyebabkan mereka tidak bisa masuk ke dalam game.

Free Fire sangat diminati gamers karena ukurannya ringan serta gameplay yang seru. Bahkan, game dari Garena ini masuk daftar game populer di Google Play mengungguli PUBG Mobile.

Meskipun banyak anggapan Free Fire adalah game burik, nyatanya hingga saat ini peminatnya masih sangat banyak. Terutama kalangan remaja dan anak-anak.

Nah, kalau kamu sedang mendapati pesan error kesalahan sambungan di Free Fire, tak perlu khawatir. Sebenarnya ini bukan masalah besar, sehingga dapat diatasi dengan mudah.

Free Fire Error Kesalahan Sambungan

Penyebab Free Fire Error Kesalahan Sambungan

Kendala saat mau login atau error di tengah-tengah permainan tentu saja mengganggu upaya kita untuk mendapatkan Booyah. Tapi jangan khawatir, di artikel ini Cleardg.com akan jelaskan penyebab dan cara mengatasinya.

Selain notifikasi kesalahan sambungan, FF error terkadang memunculkan pesan “Jaringan sedang sibuk, silahkan tekan Coba Lagi”. Keduanya sama saja, yakni terjadi masalah pada koneksi internet.

Jadi, penyebab Free Fire error kesalahan sambungan tak lain karena jaringan yang kamu gunakan tidak stabil. Entah itu faktor cuaca buruk maupun terjadi masalah pada provider.


Disamping itu, faktor lain seperti server FF error juga dapat menyebabkan masalah saat bermain Free Fire. Jika hal ini terjadi, tak ada jalan penyelesaiannya kecuali menunggu hingga server kembali normal.

Sudah paham kan alasan kenapa Free Fire error kesalahan sambungan? Dengan mengetahui hal ini, kamu bisa sedikit bernafas lega.

Solusi Free Fire Error Kesalahan Sambungan

Masalah yang terjadi pada game online terbilang wajar, mengingat ada jutaan user yang bermain dari seluruh dunia. Bukan hanya di Free Fire, PUBG Mobile maupun Genshin Impact juga sering mengalami masalah seperti ini.

Lantas, gimana cara mengatasi Free Fire error kesalahan jaringan? Lakukan pedoman berikut:

1. Restart Game

Hal pertama yang mesti dilakukan jika FF error kesalahan sambungan adalah me-restart atau memulai ulang game-nya. Ini dilakukan untuk menghapus data lama yang kemungkian membuat sistem jaringan jadi tidak stabil.

Kamu bisa melakukan cara ini dengan menghapus Recent Apps. Jika sudah, jangan langsung login, tapi tunggu hingga 3 sampai 5 menitan.

2. Nyalakan Mode Pesawat

Selanjutnya, cara mengatasi error kesalahan sambungan FF juga bisa dengan menyalakan Mode Pesawat. Hal ini dilakukan agar provider memuat ulang jaringan agar kembali fresh saat Mode Pesawat dinonaktifkan.


Mode Pesawat atau Flight Mode adalah solusi terbaik apabila kamu mengalami masalah pada jaringan. Jadi bukan hanya saat Free Fire error saja.

3. Nonaktifkan Update Otomatis

Menonaktifkan update otomatis di Google Play bisa kamu coba untuk mengatasi Free Fire error kesalahan sambungan. Coba cek di aplikasi Playstore kamu, apakah fitur update otomatis dalam keadaan aktif?

Kalau iya, itu bisa jadi penyebab FF error. Pasalnya, ketika ada aplikasi yang diperbarui dan kamu sedang bermain Free Fire di waktu bersamaan, jaringan internet jadi terhambat atau lemot.

4. Menunggu Server Normal

Terakhir, game Free Fire error kesalahan sambungan yang disebabkan server down hanya dapat diatasi dengan menunggu. Kita tak bisa melakukan apa-apa kecuali menunggu hingga proses maintenace.

Umumnya, maintenance FF berlangsung sekitar 30 menit hingga 1 jam. Dalam prosesnya, pemain tidak bisa login ke dalam game, sehingga akan muncul notifikasi di layar.

Akhir Kata

Saat ini ada banyak pilihan game bertema tembak-tembakan. Bahkan, selain Free Fire dan PUBG Mobile, para developer mulai merilis game battle royale baru dengan konsep dan gameplay yang tak jauh berbeda.

Demikian penjelasan tentang penyebab dan cara mengatasi Free Fire error kesalahan sambungan. Hadirnya artikel ini diharapkan bisa membantu kamu untuk kembali login dan melanjutkan permainan sampai dapat Booyah!