Full Size Punishing Gray Raven (PGR) dan Spek HP Terbaru

Full size Punishing Gray Raven banyak dicari karena game ini sangat seru dan populer. Apalagi, konsep yang ditawarkan developer mirip seperti Honkai Impact.

Punishing Gray Raven atau PGR rilis bulan Juli 2022 lalu, dan menurut banyak gamers, game ini menawarkan gameplay yang seru dan menantang.

Kendati dianggap plagiat Honkai Impact, nyatanya PGR masih banyak dimainkan dan jadi favorit di Google Play maupun App Store.

Nah, kalau kamu penasan memainkan gimnya, sebelum download yuk cek dulu full size Punishing Gray Raven beserta spesifikasi minimum di artikel ini.

Full Size Punishing Gray Raven

Tentang Game Punishing: Gray Raven

Dikembangkan oleh Kuro Technology, PGR hadir dengan genre Action RPG. Konsepnya lebih ke anime, termasuk tampilan karakter dan arena permainan.

Di awal bermain, kita akan memilih karakter yang terbagi menjadi beberapa jenis. Masing-masing punya skill berbeda, tinggal pilih mana yang sesuai keinginan.

Selanjutnya, kita bisa meningkatkan level, bertarung melawan monster, dan menyelesaikan ragam quest seru untuk memperoleh reward.


Dari segi grafis, Punishing Gray Raven terbilang cukup memanjakan mata. Kita akan dihadapkan dengan visual karakter dan pemandangan memukau.

Hanya saja, dari semua keunggulan tersebut, Punishing Gray Raven punya banyak kekurangan. Selain full size yang cukup berat, game ini tidak ramah player F2P.

Nah, kalau tertarik mencoba gameplay-nya, kamu bisa unduh langsung di Google Play atau App Store untuk iOS. Tapi, cek dulu yuk total data penyimpanannya.

Full Size Punishing Gray Raven


Kalau kamu cek di Playstore, ukuran download Punishing Gray Raven sekitar 2GB. Tentunya, itu hanya size awal dan akan terus meningkat saat game dimainkan.

Untuk mengunduhnya, disarankan menggunakan Wi-Fi, karena kalau pakai internet hp, kuota data akan sangat boros dan prosesnya lumayan lama.

Belum lagi download resources tambahan di dalam game. Bisa-bisa kuota internet kamu langsung terkuras habis.

Adapun full size Punishing Gray Raven sebagai berikut:

Full SizePunishing: Gray Raven di Android
DeveloperKuro Technology
Rating4,4/5
Size Download2 GB
Total Size10,05 GB

System Requirement Punishing Gray Raven

Setelah tahu total GB Punishing Gray Raven, selanjutnya kita akan masuk ke pembahasan spesifikasi minimum atau system requirement.

Mengingat game ini cukup berat, untuk memainkannya dibutuhkan hp dengan spesifikasi mumpuni. Setidaknya Android mid-end yang dibekali Chipset dan CPU terbaru.

Berikut spesifikasi hp yang bisa main Punishing Gray Raven:

System RequirementPunishing: Gray Raven
ChipsetSnapdragon 660, Kirin 710, Exynos 8895, Helio X30
OSAndroid 11
RAM6 GB
Storage20 GB

Peran chipset, CPU, dan RAM sangat penting di game ini. Kualitas grafis serta kelancaran gameplay akan menurun kalau kriteria tersebut tidak terpenuhi.


Untuk saat ini, minimum hp yang bisa main Punishing: Gray Raven adalah Infinix Hot 10S RAM 6 GB. Admin sudah coba dan lumayan lancar meskipun terkadang ada ngelag.

Kalau kamu mau main tanpa kendala, rekomendasi hp terbaik bisa beli yang RAM-nya 8GB dengan chipset Snapdragon 720 atau yang setara.

Akhir Kata

Kebanyakan game Action RPG atau MMORPG memang berukuran besar. Faktornya tak lain kualitas grafik serta gameplay yang rumit membuat game ini hanya kompatibel di hp spek tinggi.

Itulah ulasan yang perlu diketahui perihal full size Punishing Gray Raven dan spesifikasi hp yang bisa main. Jangan buru-buru download kalau hp kamu tidak memenuhi kriteria, ya!