Cara Mengosongkan Saldo DANA, Tarik Semua Jadi Rp0!

Saldo DANA bisa dipakai untuk segala kebutuhan, seperti transfer, isi pulsa, hingga token listrik. Namun tak jarang pengguna ingin mengosongkan saldo DANA mereka.

Biasanya, mereka sudah tak menggunakan DANA lagi atau khawatir saldo di akun hilang, seperti kejadian beberapa waktu lalu, saldo pengguna tiba-tiba hilang tanpa sebab.

Sayangnya, masih banyak pengguna yang belum tahu cara mengosongkan saldo DANA jad 0 rupiah. Padahal, sangat mudah dan cepat. Penasaran? Yuk simak penjelasan berikut.

Cara Mengosongkan Saldo DANA

Kebijakan Minimum Saldo Akun DANA

Kalau kamu pengguna e-wallet dan bank konvensional, pasti tahu kalau keduanya punya banyak perbedaan. Salah satunya batas minimum saldo di akun.

Hampir semua bank konvensional seperti BCA, BRI, CIMB Niaga ataupun BNI mengharuskan nasabah untuk memiliki saldo mengendap di akun bank.

Sementara itu, e-wallet tidak punya kebijakan seperti ini. Nasabah bebas menarik semua atau mengosongkan saldo menjadi 0 rupiah.

Namun, untuk mengosongkan saldo DANA, kita harus membelanjakannya di aplikasi atau mengirim uang ke rekening bank maupun e-wallet lain dengan nominal tertentu.

Lantas, kenapa banyak pengguna DANA yang ingin menarik saldo? Dikutip dari Normanardik.com, sebagian besar merasa DANA sudah tidak aman lagi.

Pasalnya, banyak kasus saldo DANA hilang secara tiba-tiba. Setelah dicek riwayat, ternyata digunakan untuk pembayaran Google Play oleh orang tak bertanggung jawab.

Selain itu, pelayanan Customer Care DANA juga kurang memuaskan. Keluhan yang disampaikan pengguna lewat WA ataupun media sosial tidak menyelesaikan masalah.

Cara Mengosongkan Saldo DANA

Apakah kamu berencana menghapus akun DANA karena masalah-masalah tersebut? Kalau iya, hal pertama yang wajib dilakukan adalah menghabiskan semua isi saldo.

Adapun cara mengosongkan saldo DANA jadi 0 sebagai berikut:

1. Transfer ke Rekening Bank

Cara paling mudah kalau kamu mau menarik semua saldo DANA adalah dengan melakukan transfer. Bisa ke rekening bank atau e-wallet lain seperti GoPay, OVO, dan Shopeepay.

Jika cara ini yang kamu pilih, pastikan saldo yang tersisa mencukupi, minimal Rp50.000 karena nominal ini dapat keuntungan gratis biaya admin.

Berikut cara transfer saldo DANA ke rekening bank:

  • Buka aplikasi DANA
  • Lalu klik menu Kirim > Kirim ke Bank
  • Kemudian klik Tambahkan rekening bank baru
  • Pilih bank tujuan > masukkan nomor rekening > Simpan & Lanjut
  • Masukkan nominal transfer
  • Terakhir klik Selanjutnya dan input PIN DANA

2. Tarik Tunai DANA di Alfamart

Selanjutnya, cara mengosongkan saldo juga bisa lewat tarik tunai DANA di Alfamart. Namun, metode ini hanya berlaku untuk kelipatan Rp50.000 saja.

Jadi, kalau kamu punya saldo Rp50.000, Rp100.000, atau Rp200.000, metode ini cocok untuk mengosongkan saldo DANA tanpa sisa.

Masih bingung cara tarik DANA di Alfamart? Ikuti langkah berikut:

  • Datang ke Alfamart terdekat
  • Jika sudah, buka aplikasi DANA
  • Pilih menu Kirim > Tarik Tunai > Alfamart > Tarik Tunai
  • Kemudian klik tombol Tampilkan Kode Token
  • Bilang ke kasih informasi nomor DANA, saldo yang mau ditarik, dan nomor token
  • Terakhir, tunggu prosesnya selesai

3. Belanjakan di Menu Tagihan

Kalau dua metode di atas tidak cocok dengan sisa saldo kamu, cara mengosongkan saldo DANA jadi 0 rupiah juga bisa dengan membelanjakannya di menu Tagihan.


Kamu bebas mau beli token listrik, isi pulsa seluler, atau beli paket data. Namun, perlu diketahui, metode ini hanya berlaku jika saldo kamu sesuai dengan biaya.

Misalnya Rp21.500 untuk isi token 20 ribu, Rp6.500 kalau mau beli pulsa seluler senilai 5 ribu, dan lain sebagainya.

Akhir Kata

DANA adalah e-wallet dengan segudang fitur. Sehingga, tak sulit bagi pengguna untuk “menguras” habis sisa saldo apabila ingin uninstall aplikasi dari hp.

Diantara metode di atas, mana cara mengosongkan saldo DANA tanpa sisa jadi Rp0 yang paling sesuai dengan sisa saldo di akun kamu? Kalau admin sih lebih cocok untuk beli pulsa.