4 Cara Menghilangkan Rekomendasi Aplikasi Xiaomi Permanen

Cara menghilangkan rekomendasi aplikasi Xiaomi, apakah kamu mencari panduannya? Kebetulan, sebagai pengguna setia hp Xiaomi, admin akan jelaskan lengkap agar kamu tak terganggu dengan fitur bawaan ini.

Seperti yang kita tahu, hp Xiaomi seringkali memunculkan rekomendasi aplikasi pada layar. Ini merupakan fitur bawaan yang dinilai sangat mengganggu, karena muncul secara tiba-tiba dan terlihat seperti iklan.

Terlihat seperti iklan? Bukan terlihat lagi, sih, tapi memang termasuk bagian dari iklan. Lumayan menyebalkan, apalagi sering muncul saat kita sedang asyik main game atau scrolling media sosial.

Nah, artikel ini akan mengulas panduan cara menonaktifkan atau menghilangkan rekomendasi aplikasi di Xiaomi. Bagi kamu yang merasa terganggu, baca penjelasan berikut sampai akhir, ya!

Cara Menghilangkan Rekomendasi Aplikasi Xiaomi

Apa itu Rekomendasi Aplikasi Xiaomi?

Smartphone merek Xaomi begitu populer di Indonesia. Alasanya tak lain karena kita bisa mendapatkan hp spesifikasi tinggi dengan harga terjangkau. Terlebih, Xiaomi menghadirkan banyak tipe, mulai dari POCO hingga Redmi Note. 

Sesuai penjelasan awal, rekomendasi aplikasi Xiaomi adalah fitur bawaan yang menampilkan pilihan aplikasi untuk diunduh. Ketika aplikasi tersebut diklik, kita akan dibawa ke GetApps.

GetApps sendiri merupakan platform download pihak ketiga dengan fungsi seperti Google Play yang menawarkan ragam aplikasi dan game.

Cara kerja rekomendasi aplikasi Xiaomi kurang lebih mirip seperti Palmstore di hp Infinix. Ini termasuk bagian dari iklan yang muncul ketika kita mengakses perangkat.

Meskipun mengganggu, Xiaomi tetap menyediakan opsi bagi pengguna yang merasa kurang nyaman. Ya, kita bisa dengan mudah menghilangkan fitur rekomendasi aplikasi di Xiaomi.

Cara Menghilangkan Rekomendasi Aplikasi Xiaomi

Fitur ini memang sengaja dihadirkan sebagai bagian dari iklan. Sebab, iklan menjadi ciri khas dari hp keluaran Xiaomi. Meskipun sangat mengganggu kenyamanan, Xiaomi masih saja membekali produknya dengan fitur ini.

Tapi, kamu tak perlu khawatir, ada banyak cara menghilangkan rekomendasi aplikasi di MIUI 12, 13, ataupun UI System Xiaomi lain. Berikut beberapa di antaranya.

1. Nonaktifkan App Vault


Bukan hanya di Xiaomi Redmi, cara mematikan rekomendasi aplikasi di Poco juga sangat mudah. Kamu tinggal kunjungi opsi pengaturan App Vault pada menu Layar Utama.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama tekan dan tahan layar utama
  • Kemudian klik menu "Setelan" di bagian bawah
  • Lalu pilih "Lainnya"
  • Pada menu Layar Utama, lihat opsi Layar -1 dan buka App Vault
  • Selanjutnya ubah dari "App Vault" menjadi "Tidak Ada"

Sekedar informasi, App Vault adalah fitur pendukung dari Xiaomi yang dikembangkan untuk memudahkan pengguna. Kita dapat mengakses segala kebutuhan tanpa harus membuka aplikasi.

2. Nonaktifkan GetApps

Apakah kamu sedang mencari cara menghilangkan rekomendasi aplikasi di Xiaomi Redmi Note 10, Note 10 pro, dan Redmi Note 9? Kalau iya, metodenya sangatlah mudah, yakni menonaktifkan platform “GetApps”.

Untuk melakukannya, bisa lewat opsi Otorisasi & pencabutan, mengubah lokasi dari Indonesia ke negara lain, atau menghapus data GetApps dan batasi penggunaan data.

3. Matikan Otorisasi


Selanjutnya, cara menghilangkan rekomendasi aplikasi Xiaomi secara permanen bisa juga dengan mematikan otorisasi. Metodenya tak kalah mudah, hanya perlu masuk ke Setelan dan nonaktifkan Toggle pada GetApps dan msa.

Ikuti langkah di bawah ini:

  • Masuk ke menu Setelan
  • Scroll ke bawah dan pilih “Sandi & Keamanan”
  • Kemudian masuk ke menu “Otorisasi & Pencabutan”
  • Terakhir tinggal matikan toggle “msa” dan “GetApps”

Namun perlu diketahui, menonaktifkan otorisasi akan membuat aplikasi berhenti mengumpulkan data. Efeknya semua data akan dihapus dari server, sehingga aplikasi tersebut tidak dapat digunakan lagi.

4. Ubah Pengaturan Folder


Apabila metode di atas masih kurang optimal, cara menonaktifkan rekomendasi aplikasi di Xiaomi juga bisa dengan mengubah pengaturan File Manager. Cara ini akan otomatis menghilangkan semua hal yang behubungan dengan iklan.

Ikuti cara berikut:

  • Buka menu File Manager
  • Pada bagian kiri atas ada opsi garis tiga, silahkan klik
  • Selanjutnya pilih menu Setelan
  • Lalu pilih “Tentang”
  • Terakhir, matikan toggle Rekomendasi

Sampai tahap ini kamu tak akan lagi menerima rekomendasi aplikasi maupun iklan. Semua metode yang Cleardg.com jelaskan di atas terbukti ampuh karena admin juga pengguna hp Xiaomi.

Akhir Kata

Banyak masyarakat beralih ke hp merek lain karena Xiaomi dianggap terlalu over dalam hal periklanan. Tapi tak sedikit pula yang masih setia menggunakan Xiaomi, terutama tipe mid-end atau kelas menengah. 

Itulah penjelasan lengkap cara menghilangkan rekomendasi aplikasi Xiaomi secara permanen. Pastikan ikuti semua metode di atas agar kalian tak lagi terganggu dengan kemunculan iklan-iklan yang menyebalkan.