Cara Pesan Gojek untuk Pertama Kali (GoRide dan GoCar) 2024

Cara Pesan Gojek untuk Pertama Kali

Sesuatu yang dilakukan pertama kali pasti membuat kita bingung. Tak terkecuali cara pesan Gojek untuk pemula. Ya, ketika hendak menggunakan layanan Gojek entah itu GoCar, GoRide, ataupun GoFood pasti membingungkan.

Gojek adalah layanan transportasi online yang paling populer di Indonesia. Gojek didirikan oleh Nadiem Makarim yang kini menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Sejak pertama mengaspal, sampai sekarang Gojek semakin berkembang pesat.

Nah, bagi kamu yang ingin tahu cara pesan Gojek untuk pertama kali, di artikel ini Cleardg.com akan menjabarkan langkah-langkah yang perlu dilakukan dengan jelas dan detail. Untuk itu, simak sampai tuntas, ya!

Cara Pesan Gojek untuk Pemula

Setidaknya cara memesan Gojek pertama kali untuk pemula terdiri dari 3 langkah mudah. Kami akan mencoba mejelaskannya secara detail agar kamu tidak kesulitan ketika menerapkannya.

Ikuti panduan di bawah ini:

1. Menginstall Aplikasi

Hal paling dasar yang mesti kamu lakukan sebelum masuk ke cara pesan ojek online di Gojek adalah mengunduh aplikasi. Untuk cara menginstal aplikasi di smartphone, tentunya kamu butuh sambungan internet yang lancar.

Disamping itu, pastikan ruang penyimpanan masih cukup untuk menampung aplikasi. Kalau sekiranya kurang dari 100 MB, hapus dulu aplikasi atau game yang jarang digunakan.

Setelah itu, silahkan buka Google Play, dan cari aplikasi Gojek PT Aplikasi Karya Anak Bangsa. Terakhir tinggal klik Install dan tunggu proses pengunduhan selesai.

2. Daftar dan Buat Akun

Langkah selanjutnya adalah daftar dan membuat akun Gojek. Ini termasuk tahapan cara pesan Gojek pulang pergi paling penting karena kalau tidak dilakukan, maka kamu tidak bisa melakukan orderan, baik GoCar maupun GoRide.

Berikut cara daftar dan buat akun Gojek:

  • Pertama buka aplikasinya dan klik Sign Up atau Daftar pada halaman utama
  • Kemudian isi kolom formulir yang tersedia dengan benar dan pastikan data sesuai dengan KTP
  • Lalu isi juga kolom Password, jangan lupa untuk mencatatnya pada selembar kertas agar tidak lupa
  • Setelah itu klik Lanjutkan

Selanjutnya ikuti arahan yang diberikan hingga kamu berhasil membuat akun Gojek. Perlu diingat, jangan sampai lupa nama email dan password.

Pasalnya, email dan password sangat dibutuhkan ketika login. Kamu harus memasukkan data tersebut untuk masuk ke dalam aplikasi.

3. Cara Memesan Gojek untuk Pertama Kali

Setelah proses pendaftaran berhasil, kita masuk ke tahap cara pesan Gojek online yang pertama. Berbeda dari langkah sebelumnya, proses ini sangatlah mudah.

Agar tidak salah langkah, simak panduan berikut dengan baik:

  • Pada halaman utama aplikasi, pilih layanan yang dibutuhkan (GoRide atau GoCar)
  • Selanjutnya ketik lokasi yang ingin dituju, misalnya Jl. Sudirman, nanti secara otomatis aplikasi akan memunculkan pilihan berdasarkan Google Map
  • Kemudian akan muncul total ongkos yang harus dibayar
  • Pilih metode pembayaran
  • Jika sudah sesuai, silahkan klik Pesan GoRide
  • Setelah itu aplikasi akan beralih ke halaman pencarian driver
  • Jika driver sudah ditemukan, biasanya dia akan menghubungi kamu untuk memastikan

Langkah terakhir tinggal tunggu saja driver sampai ke lokasi. Pastikan kamu sudah berpakaian rapi dan siap untuk pergi.

Jangan sampai membuat driver menunggu lama karena akan merugikan mereka. Sampai tahap ini kamu sudah berhasil menerapkan cara pesan Gojek untuk pemula dengan benar.

Menyesuaikan Pesanan (Cancel & Ubah Detail)

Tak sedikit pengguna ojek online yang bingung ketika hendak membatalkan orderan atau mengubah detail pesanan. Sebenarnya ini termasuk hal yang dilarang karena akan membuang-buang waktu.

Tapi, jika dalam kondisi terpaksa, kamu bisa ikuti ulasan berikut:

1. Cancel Orderan Gojek

Bagi kamu yang ingin cancel atau membatalkan orderan Gojek, mungkin karena sudah dijemput teman atau lain sebagainya, kamu bisa mengikuti panduan berikut.

Proses ini sepenuhnya dilakukan di aplikasi dan tidak perlu menghubungi CS Gojek.

  • Pertama masuk ke aplikasi Gojek
  • Buka menu History Pemesanan
  • Pilih pesanan yang sedang berlangsung
  • Terakhir klik tombol Cancel atau Batal

Setelah semua langkah di atas dilakukan, masih ada tahapan lain yang tak kalah penting. Kamu harus menghubungi driver untuk menyampaikan permintaan maaf dan jangan lupa katakan alasan pembatalan orderan.


2. Mengubah Detail Pesanan

Mengubah detail order Gojek bisa dilakukan dengan mudah. Hal ini terjadi karena mungkin kamu salah pilih lokasi, jenis order, atau metode pemesanan.

Langkah-langkahnya yakni dengan menghubungi driver Gojek melalui Whatsapp. Karena selain ini tak bisa dilakukan sebab orderan sudah masuk ke sistem.

Cara Pesan GoCar (Mobil)

GoCar adalah layanan yang dihadirkan Gojek selain GoRide. Sesuai namanya, layanan ini menggunakan kendaraan roda empat atau mobil. Jika kamu masih baru, cara pesan GoCar untuk pemula tak jauh berbeda.

Untuk detail lengkapnya simak langkah berikut.

  • Ketika sudah berada di halaman aplikasi Gojek
  • Pilih layanan GoCar yang ditandai dengan ikon mobil
  • Selanjutnya masukkan titik jemput (tempat kamu sekarang) dan lokasi tujuan 
  • Lalu akan muncul tarif perjalanan dan metode pembayaran
  • Jika kamu punya GoPay, silahkan gunakan itu karena biasanya ada potongan harga
  • Pastikan lagi semuanya sudah sesuai
  • Setelah itu klik Pesan GoCar atau Order GoCar

Dibanding Grab, Gojek merupakan layanan transportasi online yang menghadirkan banyak fitur bermanfaat. Selain GoCar dan GoRide, kamu juga bisa memesan makanan dengan GoFood.

Jadi, itulah panduan yang bisa kamu baca jika pertama kali menggunakan Gojek. Semoga tutorial cara pesan Gojek untuk pertama kali ini bisa bermanfaat dan memberi kemudahan bagi yang masih awam tentang transportasi online ini.