5 Cara Menggunakan Bluestacks untuk Main Game HP di PC

Cara Menggunakan Bluestacks – Pada banyak artikel, penjelasan tentang apa itu Bluestacks mungkin sudah sering dibahas. Karena memang, software ini jadi andalan gamers yang ingin main game mobile di PC atau laptop.

Emulator Android adalah sebuah aplikasi/software yang dapat digunakan pada PC supaya bisa menggunakan sistem operasi Android, dengan kata lain, kalian bisa menggunakan hp Android di perangkat desktop.

Khusus pada konten ini, Cleardg.com akan membahas cara menggunakan Bluestacks, yaitu salah satu emulator yang populer digunakan para gamers yang ingin menikmati pengalaman bermain game Android di PC.

Cara Menggunakan Bluestacks

Apa Fungsi Bluestacks?

Selain digunakan untuk bermain game, Bluestacks juga dapat menjalankan aplikasi Android lain seperti medsos, WhatsApp, dan bahkan beberapa aplikasi editor video.

Nah, pada perkembangannya, Bluestacks saat ini menghadirkan Bluestacks Gaming Platform yang memang dirancang khusus untuk bermain game.

Hingga saat ini, Bluestacks terus mengembangkan Emulator Android supaya lebih optimal dijalankan pada PC. Sehingga pengguna dapat menggunakan Bluestacks 5 yang merupakan versi paling bagus.

Dibandingkan dengan Bluestacks sejak pertama kali rilis, Bluestacks 5 lebih ringan dengan performa dan interface yang lebih bagus.

Untuk menggunakan Bluestacks supaya kalian bisa menjalankan aplikasi Android di PC, simak beberapa panduan berikut.

Cara Menggunakan Bluestacks

Untuk menggunakan Bluestacks, kita mulai dari pemasangan hingga penyetelan supaya tidak lemot digunakan pada semua jenis PC, termasuk yang spesifikasinya kentang. Sehingga kalian dapat memainkan game dengan optimal.

Nah, mengenai spesifikasi minimum PC atau laptop, buat kalian yang ingin menggunakan Emulator ini, sebaiknya cek terlebih dahulu spesifikasi minimum yang dibutuhkan untuk memasang Bluestacks.

  • Sistem Operasi: Windows 7 ++
  • Processor: Intel dan AMD
  • RAM: 2GB
  • Harddisk: 5GB

Spesifikasi PC tersebut bukanlah spesifikasi yang tinggi, dan bahkan termasuk low-end. Tapi kalau kalian belum memiliki spesifikasi PC sesuai kriteria minimum, kalian lebih baik upgrade dulu.

Selain itu, kalian juga harus siap dengan koneksi internet yang bagus dan stabil untuk men-download aplikasi dan menginstalnya.

Oke, kita lanjut ke cara menggunakan Bluestacks dari tahap awal hingga akhir, ikuti langkah di bawah ini.

1. Download dan Install Bluestacks

Tentu saja kalau kalian belum memiliki aplikasi Bluestacks, kalian harus men-download terlebih dahulu. Kunjungi website resmi dan download Bluestacks versi terbaru supaya performa-nya lebih maksimal saat digunakan.
Setelah Download selesai, lakukan pemasangan Bluestacks pada PC dengan menjalankan Installer yang sudah kalian download.

Pada proses ini, kalian harus memiliki koneksi internet yang lancar, karena Bluestacks akan melakukan Patch sembari proses instalasi berjalan.

Kalau kalian menggunakan Internet dengan sistem kuota data, isi penuh kuota kalian setidaknya lebih dari 2GB, karena admin sendiri juga tidak yakin berapa kuota internet yang digunakan untuk proses instalasi.

Selain internet, kapasitas hardisk juga harus mencukupi, bisanya informasi akan tertera pada Installer Bluestacks.

Tunggu proses hingga selesai, lama proses instalasi tergantung koneksi internet dan kemampuan PC kalian, semakin tinggi spesifikasi maka akan semakin cepat juga prosesnya.

2. Buka Bluestacks

Setelah proses install selesai, kalian bisa langsung membuka aplikasi Bluestacks untuk menggunakannya. Kalian bisa membuka dengan klik dua kali pada icon Bluestacks di dekstop atau lewat menu Start.

Biasanya untuk penggunaan awal, Emulator Bluestacks akan melakukan penyetelan dan penyesuaian dasar yang sesuai dengan perangkat PC yang kalian gunakan sehingga membutuhkan loading.

Kalian tunggu saja proses ini, karena nantinya akan muncul tampilan awal kalau prosesnya sudah selesai.

3. Mendaftar Akun Play Store

Setelah selesai proses loading, kalian akan diarahkan untuk mendaftar Play Store layaknya mengunakan hp Android. Untuk mendaftar Play Store kalian wajib memiliki akun Google atau Gmail.

Proses ini wajib dilalui supaya nanti kita bisa menginstal game dan aplikasi dari Playstore sehingga akan di-konfigurasi secara otomatis pada Bluestacks.

Untuk prosesnya tidaklah sulit, kalian hanya perlu mengikuti langkah berikut:

  • Setelah loading selesai, akan terlihat tampilan awal dan muncul layar Google Play
  • Langsung klik Sign in
  • Masukan akun Gmail atau Google kalian
  • Setelah itu, klik Next hingga proses selesai
  • Kalau muncul jendela Term and Conditions, pilih saja Accept

Setelah proses selesai, Bluestacks siap digunakan dan kalian hanya perlu men-download aplikasi atau game favorit yang kalian ingin mainkan.

4. Install Game di Bluestacks

Untuk menginstall aplikasi game yang akan digunakan pada Bluestacks, sebenarnya tidak hanya bisa melalui Google Play, karena kalian juga bisa mengimport APK (Android Package).

Tetapi, agar lebih aman kami sangat merekomendasikan untuk men-download aplikasi dari penyedia resmi yaitu Google Play Store.


Untuk pemasangan aplikasi, kalian bisa menggunakan dua cara, yakni Play Store dan Search Apps.

Kedua cara ini pada dasarnya sama saja, kita hanya perlu mengetik nama game atau aplikasi yang diinginkan pada kolom pencarian. Setelah ketemu, pilih install dan tunggu prosesnya selesai.

Aplikasi yang sudah di-install akan muncul pada menu Home, lakukan klik untuk menjalankannya di Bluestacks.

Sementara untuk game, kalian bisa melakukan penyetelan terlebih dahulu untuk menyesuaikan kontrol, display dan lain sebagainya.

Cara Setting Bluestacks Agar Tidak Lemot


Kalau kalian menggunakan PC dengan spesifikasi rendah, tentu saja tidak akan bisa mengoptimalkan fungsi dari Bluestacks dan terkadang mengalami lag atau patah-patah.

Oleh karena itu, setting terlebih dahulu Bluestacks kalian dengan cara sebagai berikut:

  • Klik tombol titik tiga di bagian atas
  • Lalu pilih Setting
  • Kemudian pilih kolom Display
  • Atur ke posisi paling rendah ke resolusi 960 × 540 dan DPI 160DPI
  • Selanjutnya masuk ke kolom Engine
  • Setting bagian opsi ini ke Performance, OpenGL, dan Dedicated Graphics Renderer
  • Kemudian scroll ke bawah, lihat pada Setting Performance ubah menjadi 4CPU dan 60 FPS
  • Setelah itu masuk ke Game Setting, atur tombol sesuai keinginan kalian
  • Tapi kalau tidak ingin repot, pilih saja Default
  • Terakhir, klik Close kalau sudah selesai

Untuk pengaturan game yang jumlahnya tidak sedikit, kalian bisa membaca pada website resmi Bluestacks karena setelan untuk bermain setiap game pasti berbeda-beda. Misalnya game FPS dan game MOBA, tentu ada perbedaan.

Akhir Kata

Bluestacks jadi andalan banyak gamers karena ringan dan mudah di-setting. Terlebih lagi, aplikasi ini dapat berjalan di perangkat dengan spesifikasi rendah. Kita bebas memainkan game seperti Mobile Legends maupun PUBGM.

Demikianlah ulasan lengkap tentang cara menggunakan Bluestacks untuk main game hp di PC atau laptop. Penjelasannya sangat simpel mulai dari awal hingga akhir. Kalau ada pertanyaan lebih lanjut, tulis di kolom komentar, ya!