6 Emulator Terbaik untuk Mobile Legends, Cocok di PC Kentang

Emulator Terbaik – Apa kalian juga merasa kalau game Android akan lebih mudah dimainkan di PC atau laptop? Misalnya bermain Mobile Legends atau Free Fire di PC, tentu akan lebih leluasa dan mudah memenangkan pertarungan.

Kalau kalian ingin bermain game Android di PC atau laptop, sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Karena sekarang kalian bisa menggunakan Emulator Android yang memungkinkan kita bermain game mobile di PC.

Di artikel ini Cleardg.com akan mengulas beberapa rekomendasi emulator terbaik untuk Mobile Legends maupun game Android lainnya. Penasaran? Yuk simak sampai tuntas!
 
Emulator Terbaik untuk Mobile Legends

Penjelasan Tentang Emulator

Emulator adalah sebuah software untuk mengalih fungsikan ke sistem operasi lain. Sehingga emulator Android dapat diartikan sebagai program yang memungkinkan kita menggunakan sistem operasi Android pada PC.

Dengan emulator Android terbaik, seolah-olah dalam PC kalian terdapat hp android dan dapat dengan mudah menginstal beberapa aplikasi termasuk game.

Umumnya, ukuran emulator biasanya lumayan berat untuk dijalankan pada PC karena memakan banyak RAM dan VGA, apalagi kalian menggunakan PC kentang.

Tetapi sekarang tak perlu khawatir, karena para developer sudah berusaha membuat aplikasi emulator Android sehingga lebih ringan digunakan.

Sebab, memang banyak keluhan pengguna emulator sangat berat dan membutuhkan spesifikasi PC yang lumayan tinggi.

Nah, kalau kalian ingin tahu apa saja emulator ringan untuk PC kentang, pastikan simak rekomendasi berikut agar dapat memilih salah satu yang terbaik.

Daftar Emulator Terbaik untuk Mobile Legends

Ada banyak sekali jenis emulator, seperti contohnya emulator dari Tencent yaitu Tencent Gaming Buddy yang khusus dibuat untuk PUBG Mobile supaya dapat dimainkan di PC.

Selain itu, berdasarkan informasi dan pengalaman admin menggunakan emulator, berikut adalah daftar emulator terbaik untuk main Mobile Legends, Free Fire, maupun game Android lainnya.

1. Gameloop

Gameloop adalah versi lain dari Tencent Gaming Buddy, sehingga selain sangat ringan, kalian juga bisa memainkan game lain selain yang dikembangkan oleh Tencent. Sebagai contoh Garena Free Fire dan Mobile Legends Bang Bang.

Secara khusus, Gameloop didesain untuk bermain game saja. Sehingga bagi kalian yang ingin membuka aplikasi seperti medsos atau WhatsApp, kalian bisa menggunakan emulator Android yang lain.

Kelebihan Gameloop adalah sangat mendukung banyak game. Bukan hanya performa yang stabil, Gameloop juga sama seperti Tencent Gaming Buddy, yaitu kalian akan mendapat dukungan dari developer.

RAM: 3 GB
Ukuran: 3,64 MB
Lisensi: FREE

2. NoxPlayer

NoxPlayer cukup terkenal di kalangan gamers, karena selain gratis tampilanya pun juga enak dipandang. Sehingga pengguna emulator ini lebih nyaman saat menggunakan fitur-fitur maupun melakukan setting.

Nox App Player juga termasuk emulator untuk Mobile Legends yang cocok di PC kentang. Selain itu, ukurannya sangat ringan serta dibekali ragam fitur unggulan.

Kalian bebas membuka aplikasi Android di PC termasuk bermain game menggunakan keyboard, mouse, bahkan joystick.

Bukan hanya support Windows, NoxPlayer juga tersedia dalam versi macOS. Kelancaran memainkan game akan kalian rasakan karena Nox App Player dirancang khusus untuk game mobile, khususnya Android.

RAM: 1,5 GB
Ukuran: 568 MB
Lisensi: FREE

3. MEmu Player

Bisa dibilang MEmu Player adalah “tiruan” dari Nox, karena memang kedua emulator ini sangat mirip. Bukan hanya dari segi tampilan tetapi juga fitur dan pengaturan yang disajikan sangat mudah untuk memainkan game mobile.

Emulator terbaik Android ini cukup ringan digunakan dan juga gratis tanpa harus langganan. Sehingga banyak yang merekomendasikan MEmu Player untuk PC spesifikasi pas-pasan.

Ringan dan lancar memang cerminan dari MEmu Player. Disamping itu, yang menjadi nilai plus adalah sangat mendukung chipset Intel dan AMD.

RAM: 2 GB 
Ukuran: 341 MB
Lisensi: FREE

4. Bluestacks 4

Bluestacks adalah emulator yang sangat populer digunakan untuk game mobile sperti PUBG, Mobile Legends, maupun Genshin Impact. Emulator ini cukup laris sejak pertama kali rilis untuk memainkan game dan buka aplikasi.

Kalau melihat beberapa tahun lalu, Bluestacks memang sangat berat di jalankan. Namun sekarang kalian tidak perlu khawatir lagi. Untuk versi Bluestacks 4 sudah kompatibel pada PC dengan RAM minimal 2 GB.

Fitur unggulan dari Bluestacks 4 adalah Bluestacks Gaming Platform dengan performa yang lebih baik untuk bermain game. Blustacks 4 juga memiliki kelebihan untuk memainkan semua game Android.

Meskipun dibekali banyak keunggulan, sayangnya penyakit Bluestacks tak pernah hilang dari dulu. Terkadang masih terjadi lag kalau digunakan pada PC dengan VGA yang kurang mendukung.

RAM: 2 GB
Ukuran: 527 MB
Lisensi: FREE

5. Andy

Seperti nama orang ya? Tapi jangan salah, emulator satu ini juga merupakan salah satu yang terbaik. Selain dapat di-download dan digunakan secara gratis, emulator Andy juga sangat ringan untuk dijalankan pada PC kentang.

Andy mendukung semua aplikasi dan game, bahkan bukan hanya Android tetapi juga sistem operasi Windows dan macOS. Sehingga cocok untuk kamu yang ingin bermain di multiplatform.

Kelebihan lainnya adalah user interface (UI) yang simpel layaknya tampilan Android. Emulator ini sangat direkomendasikan untuk kalian yang memiliki PC kentang.

RAM: 3GB
Ukuran: 862 MB
Lisensi: FREE

6. Android Studio

Terakhir, emulator terbaik untuk Mobile Legends adalah Android Studio. Ini termasuk salah satu yang terpopuler karena punya lisensi langsung dari Google. Sayangnya, tidak semua orang bisa menggunakan emulator ini.

Sebab, pengaturan di Android Studio mengharuskan kita paham coding atau pemograman. Dengan kata lain, Android Studio dirancang khusus untuk developer. Fungsi utamanya adalah melakukan pengujian game dan aplikasi.

Sehingga kelebihan utama dari emulator ini adalah leluasa dalam melakukan pemrograman dan mendapat dukungan penuh dari Google.

RAM: 16 GB
Ukuran: 991 MB
Lisensi: FREE

Akhir Kata

Beberapa emulator Android memang dirancang khusus untuk PC kentang. Ukurannya yang ringan membuat pengguna bebas memainkan game ataupun aplikasi tanpa khawatir ngelag atau frame patah-patah.

Itulah beberapa rekomendasi emulator terbaik untuk Mobile Legends dan game Android lainnya. Untuk informasi lengkap tentang spesifikasi minimum, fitur, dan lain sebagainya kamu bisa kunjungi website resmi mereka. Semoga bermanfaat!