Cara Bayar Tagihan GoPaylater di Tokopedia dan Rincian Denda

Cara Bayar Tagihan GoPaylater

Kalau kamu berkunjung ke blog ini, artinya tempo pembayaran GoPayLater kamu sudah dekat, kan? Jangan khawatir, karena admin jelaskan cara bayar tagihan GoPaylater di Tokopedia dengan sangat mudah dan praktis.

Seperti yang kita tahu, Gojek telah melebarkan sayapnya di dunia startup. Setelah menghadirkan layanan ojek online dan GoFood, kini Gojek memiliki GoPaylater yang memberikan pinjaman bayar nanti.

Tentunya ini disambut baik oleh semua pengguna. Namun sangat disayangkan, layanan GoPaylater hanya dapat diakses oleh pengguna terpilih. Jadi, tidak sama seperti Paylater dari Shopee.

Bagi kamu  yang sudah mengaktifkan Paylater Gojek, tentunya harus melunasi tagihan sebelum jatuh tempo. Berikut ulasan lengkap tentang cara bayar tagihan GoPaylater di Tokopedia. Yuk simak!

Review Gojek Paylater by Findaya

Kebutuhan masyarakat akan pinjaman online tengah meningkat. Gojek sebagai platform ojek online membuat terobosan baru dengan menghadirkan GoPaylater. Terobosan ini jadi bagian dari GoTo Financial bersama Findaya.

Melalui GoPaylater ini, pengguna dapat melakukan transaksi di semua layanan Gojek dan Tokopedia. Konsepnya sama seperti Shopee Paylater, yakni belanja sekarang bayar nanti.

Layanan Gojek yang dimaksud adalah GoRide, GoCar, GoSend, GoFood, hingga GoTix. Sementara di Tokopedia, ini mencangkup belanja produk, beli pulsa, dan bayar tagihan.

Namun, berbeda dari Paylater Shopee yang bisa digunakan semua pengguna, menu GoPaylater hanya dapat diakses oleh pengguna tertentu. Daftarnya cuma butuh foto e-KTP dan selfie saja.

Setelah berhasil terverifikasi, kita akan mendapatkan limit Paylater dan bisa langsung dipakai bebas. Kamu hanya perlu memilih metode pembayaran GoPaylater saat hendak checkout.

Mengingat belum banyak pengguna yang tahu prosedur layanan ini, admin akan jelaskan cara bayar tagihan GoPaylater. Dengan begitu, kamu tak perlu khawatir lewat jatuh tempo dan dikenakan denda.

Cara Cek Tagihan GoPaylater

Sebelum bahas topik utama, Cleardg.com mau ulas sedikit cara cek tagihan GoPaylater. Ini akan sangat membantu kalau kamu bingung berapa angsuran yang harus dibayar setiap bulannya.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama masuk ke menu GoPaylater di aplikasi Gojek
  • Kemudian pilih “Riwayat” atau opsi Bayar untuk cek nominal tagihan
  • Nantinya data lengkap akan muncul 
  • Ini mencangkup tanggal jatuh tempo, jumlah tagihan, dan denda (kalau ada)

Penting diketahui, Gojek memberi kebijakan bahwa setiap pengguna memiliki tanggal jatuh tempo yang berbeda. Pembayaran tagihan dihitung per 30 hari dari tanggal pendaftaran GoPaylater disetujui.

Contoh singkat, kalau kamu mulai transaksi Paylater tanggal 30 April, maka jatuh tempo tagihan adalah 30 Mei atau di bulan berikutnya.

Tak ketinggalan, penting untuk bayar tagihan sebelum jatuh tempo karena ada denda yang berlaku. Pihak Gojek melalui Findaya menetapkan denda keterlambatan Rp2.000 perhari.

Simulasi singkat bisa kamu lihat di tabel berikut:

DetailKeterangan
TransaksiRp3.000.000
Admin GoPaylaterRp25.000
Keterlambatan20 Hari
Tenggang Waktu5 Hari
Nominal Denda15 Hari x Rp2.000 = Rp30.000
Total TagihanRp3.055.000

Cara Bayar GoPaylater di Tokopedia

Sudah paham kan cara cek tagihan dan denda keterlambatan? Sejauh ini metode pembayaran hanya via Tokopedia, bank transfer, dan VA. GoPaylater belum menyediakan ospi pembayaran lewat Alfamart dan Indomaret.

Berikut panduan tentang cara bayar tagihan GoPaylater di Tokopedia:

  • Pertama buka aplikasi Tokopedia dan masuk ke menu GoPay
  • Selanjutnya pilih GoPaylater

  • Lalu Repay Now
  • Nantinya akan muncul rincian transaksi selama menggunakan GoPaylater
  • Cek dulu semua transaksinya, pastikan sudah sesuai

  • Jika sudah, klik tombol “Proceed”
  • Lanjut cek nama, nomor hp, bulan cicilan, dan total tagihan

  • Setelah itu, klik Choose Payment

  • Selesaikan transaksi dengan memilih metode pembayaran

Agar pembayaran tagihan berhasil, pastikan saldo kamu mencukupi. Sampai tahap ini cara bayar tagihan GoPaylater seduah selesai, sangat mudah dan praktis!

Penggunakan GoPaylater sebagai alternatif belanja memang sangat menguntungkan. Selan tidak ada bunga, biaya adminnya juga rendah. Minimal pinjaman Rp250.000 kamu hanya perlu mengembalikan Rp262.500.

Bagaimana Jika Tidak Bayar GoPaylater?

Seperti penjelasan awal, namanya hutang pasti harus dibayar tepat waktu. Ingat, hutang akan abadi sampai mati. Kalau dalam kasus tidak bayar GoPaylater Gojek, kamu akan dikenakan denda sebesar Rp2.000 perhari.

Namun ada sedikit keringanan dimana denda akan berlaku setelah 5 hari jatuh tempo. Jadi, kalau masih 1-4 hari, kamu hanya perlu membayar nominal pinjaman dan biaya admin saja.

Meskipun dendanya terlihat sedikit, kamu tetap harus bayar tepat waktu. Sebab, keterlambatan dapat mempengaruhi skor kredit yang nantinya akan bermasalah saat ingin mengajukan GoPaylater kembali.


Lantas, apakah GoPaylater Gojek ada DC (Debt Collector) lapangan? Setahu admin tidak, karena pinjol atau paylater resmi OJK dilarang menggunakan cara penagihan ke alamat pelanggan.

Tapi, belakangan viral di media sosial ada pengguna GoPaylater yang ditagih dengan kata-kata kasar oleh DC lewat Whatsapp.

Hal ini sangat disayangkan karena GoPaylater adalah layanan resmi dari Gojek melalui Findaya yang sudah terdaftar OJK.

Akhir Kata

Sangat mudah, kan? Untuk menghindari denda keterlambatan, sebaiknya bayar GoPaylater jauh-jauh hari sebelum jatuh tempo. Karena belakangan banyak kasus pengguna “diteror” karena terlambat bayar.

Jadi itulah panduan cara bayar tagihan GoPaylater di Tokopedia dan simulasi lengkap beserta denda keterlambatan. Pembayaran via Alfamart dan Indomaret belum dapat dilakukan, kita hanya bisa top up GoPay, lalu digunakan untuk bayar Paylater.