7 Situs Download Video No Copyright untuk Youtube atau Komersil

Footage video menjadi komponen penting bagi seorang konten kreator. Dengan begitu, hasil video akan terlihat lebih menarik di mata penonton. Untungnya, banyak situs video no copyright yang bisa dimanfaatkan.

Kamu tak perlu khawatir dengan klaim hak cipta, situs atau website tersebut menjamin semua sajian footage bebas dari copyright. Tentunya hal ini membuat kita bebas berimajinasi dengan karya video.

Melihat perkembangan internet, rasanya semua aktivitas yang berkaitan dengan dunia digital bisa dilakukan dengan mudah. Apa yang kita butuhkan sudah tersedia, berbeda dari dulu yang segala macamnya masih terbatas.

Bagi kamu yang mau membuat konten di Youtube maupun platform lain, ada banyak situs download video no copyright gratis. Semuanya menyediakan ragam footage menarik dan tentunya bebas digunakan.

Situs Download Video Gratis No Copyright

Sekilas Tentang Hak Cipta Video Footage

Footage berlisensi adalah video dengan hak cipta yang memiliki kontrak hukum. Individu atau perusahaan yang ingin menggunakan video berlisensi harus meminta izin sesuai kesepakatan dan batasan tertentu.

Umumnya, lisensi mencakup informasi tentang hak penggunaan, batasan penggunaan, hingga biaya penggunaan.

Pemilik copyright suatu video footage memiliki hak untuk menentukan bagaimana video tersebut dapat digunakan orang lain.

Ada beberapa jenis lisensi video, seperti penggunaan tanpa biaya atau dengan syarat khusus. Namun yang paling umum adalah lisensi kreatif dengan batasan tertentu, contoh “Creative Commons”.

Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk memperhatikan lisensi footage dalam proyek yang dikerjakan. Apabila footage tersebut memiliki hak cipta, ada kemungkinan kamu mendapatkan konsekuensi hukum.

Daftar Situs Download Video No Copyright Gratis

Meskipun untuk membuat sebuah footage yang menarik bisa menyewa jasa videographer, namun biaya yang dibutuhkan cukup besar. Terutama bagi kreator pemula yang baru bergelut di dunia konten video.

Berikut deretan situs stok video no copyright gratis tanpa biaya akses:

1. Mixkit


Mixkit menyediakan stok video gratis tanpa copyright dengan ragam topik mulai dari bisnis, kuliner, hingga hewan.

Selain itu, Mixkit juga punya template untuk software edit video seperti Premiere Pro dan After Effect.

Mixkit memiliki dua lisensi, yang mana semua video dapat digunakan untuk kebutuhan komersial seperti video Youtube dan iklan.

Berbekal klip video berkualitas, situs ini bisa jadi pilihan untuk menyempurnakan proyek video.

2. Pexels


Pexels adalah situs download video gratis no copyright yang cukup populer karena memiliki lisensi CC0 atau Creative Commons Zero.

Dengan begitu semua video yang tersedia dapat digunakan ulang secara bebas tanpa perlu mencantumkan credit kepada pemilik video.

Selain ada banyak cuplikan video menarik, kualitas yang dihadirkan Pexels juga sangat beragam. Kamu bisa memilih ingin download video kualitas SD, HD, ataupun 4K.

Salah satu footage yang sangat populer di Pexels adalah pemandangan Aurora Borealis.

3. Pixabay


Pixabay juga masuk deretan situs penyedia cuplikan video gratis dengan koleksi yang cukup lengkap.

Meskipun fokus utamanya ada pada stok foto, namun kualitas klip video di Pixabay tak kalah bagus dengan situs footage video lainnya.

Sama halnya dengan Pexels, cuplikan video yang tersedia juga memiliki lisensi CC0 sehingga kamu dapat menggunakannya untuk kebutuhan komersial.

4. Coverr


Coverr juga merupakan situs video no copyright gratis untuk kebutuhan pribadi dan komersial.

Kamu bisa menggunakan video yang telah di-download dengan bebas tanpa perlu memberikan kredit kepada pemilik video. 

Selain itu, di Coverr juga ada berbagai macam background untuk Zoom yang bisa mengubah tampilan kamar jadi lebih menarik saat melakukan rapat ataupun kuliah online.

5. Videvo


Ada lebih dari 70.000 stok video berkualitas HD dan 4K di Videvo yang bisa di-download secara gratis. Berbeda dari situs stok video gratis sebelumnya, Videvo memiliki koleksi yang lebih lengkap.

Kita bisa menemukan footage dengan ragam tema dan juga motion graphics. Salah satu alasan kenapa situs ini populer adalah lisensi yang diberikan sangat sederhana dan menguntungkan semua pihak.

Sebagian besar cuplikan video yang tersedia bebas royalti dan dapat digunakan untuk kebutuhan komersial ataupun non-komersial.

6. Videezy


Sebagai salah satu website penyedia stok video tanpa copyright terbesar di dunia, Videezy menghadirkan koleksi footage berkualitas untuk memperindah video.

Ada banyak video yang bisa diunduh secara gratis tanpa perlu menyertakan credit. Selain itu, bagi kamu yang membutuhkan template animasi dan After Effects, Videezy juga memiliki koleksi yang cukup lengkap.

7. Mazwai


Mazwai melengkapi daftar situs download stock video gratis terbaik pada artikel ini. Koleksi video yang tersedia sudah melalui tahap seleksi sehingga kualitasnya tak perlu diragukan lagi.

Selain itu, kamu dapat mengunduh videonya tanpa perlu mendaftar. Mazwai menjamin kalau semua klip yang ada di situs mereka sangat aman digunakan karena telah memiliki lisensi dan melalui tahap persetujuan dari pemilik video.

Akhir Kata

Perlu diingat, meskipun tanpa copyright, kamu tetap harus melampirkan kredit ke pemilik footage tersebut. Ini termasuk adab di dunia digital dalam mengapresiasi karya seseorang.

Itulah deretan situs download video no copyright gratis yang bisa dicoba. Silahkan gunakan semua video yang tersedia secara bebas untuk kebutuhan vlog Youtube maupun media sosial tanpa khawatir kena klaim hak cipta.