Cara Pesan Grab untuk Orang Lain Beda Lokasi, Gampang Bro!

Cara Pesan Grab untuk Orang Lain

Ketika ada seorang teman atau keluarga meminta tolong untuk memesan ojol, yang ada di pikiran kamu pasti, “gimana cara pesan Grab untuk orang lain, ya?”. Tapi tenang, caranya tak sesulit yang dibayangkan kok.

Grab merupakan salah satu layanan transportasi online yang sangat populer di wilayah Asean. Selain Indonesia, ojol dengan warna hijau ini juga tersebar merata di Singapura, Malaysia hingga Thailand.

Kehadiran Grab dirasa sangat bermanfaat, terutama bagi masyarakat yang malas bawa kendaraan. Disamping itu, ini bisa jadi peluang bagi ojek pangkalan agar tetap mendapatkan penghasilan yang lebih besar.

Meskipun sudah lama beroperasi, namun masih banyak pengguna yang belum paham cara pesan Grab untuk orang lain beda lokasi. Padahal, ini termasuk hal penting agar kita bisa membantu teman maupun keluarga.

Apakah Boleh Pesan Grab untuk Orang Lain?

Berdasarkan keterangan Grab, semua pengguna aplikasi dapat memesan layanan untuk orang lain. Namun yang jadi catatan orang tersebut kamu kenal dan dapat dipercaya, seperti teman, pacar, maupun keluarga.

Meski begitu, ada baiknya pemesanan layanan Grab dilakukan oleh kamu sendiri dan lampirkan nomor hp atau WAT orang yang bersangkutan.

Penting dipahami, jangan sekali-kali pesan Grab untuk orang yang tidak kamu kenal. Sebab, kita tak tahu motif atau tujuannya. Bisa jadi dia merencanakan kejahatan yang membahayakan driver.

Apabila hal ini terjadi, yang bertanggung jawab menanggung kerugian adalah kamu selaku pemiliki akun. Selain akun ditangguhkan, kamu juga akan dimintai keterangan dari pihak terkait.

Lantas, kalau sudah terlanjur memesan, apa ada cara membatalkan perjalanan yang dipesan untuk orang lain? Ada dong, kamu tinggal masuk ke menu “Aktivitas”.

Kemudian pilih perjalanan, dan klik opsi “Batalkan Pesanan”. Terakhir konfirmasi dengan menuliskan pesan “Karena memesan untuk orang lain”.

Cara Pesan Grab untuk Orang Lain

Memesan GrabBike ataupun GrabCar untuk diri sendiri mungkin sangat mudah, berbeda dengan memesan Grab untuk orang yang tidak bersama kita atau berada di tempat yang sangat jauh, contohnya di luar kota.

Di bawah ini adalah panduan cara pesan Grab untuk orang lain. Yuk simak!

  • Langkah pertama buka aplikasi Grab dari hp kamu
  • Kemudian pilih layanan yang terseda, GrabBike atau GrabCar bebas asal jangan GrabPacarOrang
  • Lalu atur lokasi penjemputan dan tujuan pengantaran dengan benar
  • Selanjutnya pilih metode pembayaran, bisa uang tunai (saat di lokasi) atau OVO
  • Setelah itu, pastikan semuanya sudah benar dan dilanjutkan dengan klik Pesan
  • Jika driver sudah ditemukan, chat dulu abangnya dengan pesan:
  • “Bang, yang naik bukan saya, tapi teman/pacar/mama. Kalau sudah sampai, hubungi nomornya di 087713128888”

Sampai di sini cara memesan Grab untuk orang lain di lokasi berbeda sudah selesai. Sekarang tinggal tunggu driver sampai ke lokasi penjemputan. Setelah itu, jangan lupa untuk memberi rating 5 agar akun Grab driver bisa gacor.

Risiko Memesankan Grab untuk Orang Lain

Setelah mengetahui cara memesannya, di bawah ini Cleardg.com akan jelaskan beberapa risiko yang dapat terjadi bila kamu pesan Grab untuk orang lain.

Pasalnya, aplikasi Grab hanya boleh digunakan oleh penggunanya, tidak untuk orang lain, kecuali berada di tempat yang sama.

1. Driver Menolak

Ketika driver menerima orderan dengan penumpang berbeda dari yang terlihat di aplikasi, terkadang ada yang tidak mau menerimanya dengan berbagai alasan.

Jika kamu mengalami hal ini, sebenarnya bisa diakali dengan memberikan pesan atau nomor telepon yang bersangkutan.

2. Tidak Ada Asuransi Kecelakaan

Ya, ketika kita memesankan layanan GrabBike untuk teman ataupun keluarga, maka jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, misalnya kecelakaan, maka yang berhak mendapatkan asuransi adalah orang yang terdaftar di aplikasi.

Jadi, amit-amit kalau teman kamu mengalami hal tersebut, separah apapun kondisinya, maka dia tidak berhak atas asuransi Grab.


Nah, sudah jelas kan? Semoga bisa dipahami, ya! Saat ini memang belum semua pengguna smartphone bisa mengoperasikan aplikasi ojek online, khususnya Grab. Sehingga butuh orang lain untuk memesankannya.

Itulah beberapa cara pesan Grab untuk orang lain yang bisa Anda terapkan jika ada teman, keluarga, pacar, maupun sanak saudara yang butuh layanan ojek online.