Kelebihan dan Kekurangan Root Android, Pahami Sebelum Nyesal!

Root Android atau biasa dikenal dengan oprek OS hp merupakan tindakan yang cukup berisiko. Google selaku pengembang sangat melarang pengguna melakukan rooting. Lantas, apa kelebihan dan kekurangan root Android?

Aktivitas root memang sudah sangat terkenal sejak pertama kali OS Android diluncurkan pada tahun 2008 lalu. Singkatnya, root Android adalah tindakan untuk membuka sistem terdalam dari sistem operasi.

Hal ini membuat pengguna dapat masuk sebagai developer atau biasa disebut mode developer. Seseorang dapat mengontrol sistem Android guna melakukan modifikasi, mengakses semua file dan meberikan perintah pada OS.

Nah, kalau kamu berencana melakukan root pada perangkat, sebaiknya pahami dulu kelebihan dan kekurangan root Android daripada menyesal di kemudian hari.

Kelebihan dan Kekurangan Root Android

Apakah Rooting HP Diperlukan?

Walaupun root termasuk tindakan yang dilarang oleh pengembang, tetapi hampir semua merek hp menyediakan penyetelan akses penuh atau kita bisa masuk sebagai developer untuk melakukan eksekusi file dan modifikasi.

Dengan kata lain, root bukanlah hal yang dilarang sepenuhnya, karena root juga terkadang dibutuhkan untuk melakukan hal penting seperti memperbaiki perangkat.

Rooting Android memang terkadang diperlukan, tetapi bagi kamu yang baru mengenal root, sebaiknya tidak perlu mencobanya seorang diri. Karena risikonya tidak sebanding apabila dilakukan dengan pengetahuan minim.

Tetapi jika memang terpaksa, kita bisa meminta bantuan orang yang berpengalaman sehingga tidak berakibat fatal seperti kerusakan hp secara permanen.

Pada iOS, ada istilah berbeda dalam melakukan tindakan root, istilahnya JailBreak. Walaupun namanya berbeda, tapi keduanya adalah tindakan yang sama yaitu memberikan kontrol istimewa untuk masuk kedalam sistem.

Lantas, apakah rooting Android diperlukan? Kalau kamu pemula dan belum paham tentang hal ini, sebaiknya jangan coba-coba. Kecuali kalau sudah sudah sering ngoprek hp dan mendapat dukungan dari ahli.

Kelebihan Root Android

Dengan melakukan Rooting Android, kita akan mudah masuk pada bagian paling dasar sistem. Sehingga dapat leluasa melakukan modifikasi sistem seperti mengubah tampilan, interface, tweaking.

Selain itu, bisa juga untuk menghilangkan aplikasi bawaan, meningkatkan performa, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah beberapa kelebihan root Android.

1. Meningkatkan Kinerja Perangkat

Rooting dapat dilakukan sebagai tindakan Overclock pada hardware. Dengan melakukan optimasi pada RAM, kinerja HP akan meningkat pesat, selain itu rooting juga bisa kita gunakan untuk membekukan aplikasi yang tidak terpakai.

2. Menghapus Aplikasi Bawaan (Bloatware)

Kelebihan root Android berikutnya adalah menghapus aplikasi bawaan. Ketika kita beli hp baru, biasanya sudah terpasang beberapa aplikasi bawaan. Tetapi tentu saja kita tidak menggunakan semua aplikasi tersebut.

Hal ini membuat beberapa orang ingin menghapus aplikasi bawaan. Sayangnya, tindakan ini tidak bisa dilakukan karena tidak ada tombol “Uninstall”.

Namun, dengan rooting, kita bisa memodifikasi sistem supaya bisa mencopot aplikasi tersebut dari perangkat. Sehingga kinerja RAM dapat lebih longgar dan optimal.

3. Menghemat Daya Baterai

Banyak sekali hp Android yang sudah dibekali dengan penghemat daya. Tetapi tidak menutup kemungkinan fitur tersebut hanyalah sebuah pajangan. Tetapi dengan rooting, kita bisa melakukan kalibrasi baterai.

Hal ini membuat kita bisa tahu masalah penggunaan daya baterai dan melakukan perbaikan dengan segera. Metode ini juga bisa dilakukan dengan aplikasi bernama Battery Calibration.

4. Memblokir Iklan

Iklan adalah hal yang paling mengganggu ketika menggunakan Android. Apalagi Iklan muncul karena aplikasi bawaan, contohnya merek Xiaomi. Tetapi kalian tak perlu susah lagi, sebab rooting akan memblokir semua iklan.

5. Mengubah Tampilan

Kelebihan rooting berikutnya yaitu kita bisa melakukan modifikasi pada UI (User Interface) menjadi lebih menarik dan keren. Tentu saja kita membutuhkan aplikasi Custom ROM, sehingga data dapat diubah, seperti folder menu, panel, hingga ikon.

6. Backup dan Restore Lebih Mudah

Dengan ROOT Android, kita bisa melakukan restore maupun backup dengan sangat mudah dan cepat. Aplikasi yang menawarkan fasilitas ini adalah Titanium Backup, dan syarat menjalankanya hanya bisa lewat hp yang sudah di-rooting.

7. Penyimpanan Lebih Longgar

Dengan mencopot beberapa aplikasi bawaan, tentu saja penyimpanan internal akan lebih longgar. Untuk melakukan pencopotan aplikasi bawaan tentu saja kita membutuhkan rooting dalam eksekusinya.

Namun, harus berhati-hati dengan hal ini karena bisa jadi aplikasi OS yang penting terhapus. Oleh sebab itu, rooting harus dilakukan oleh ahli dan tidak boleh sembarangan.

Kekurangan Root Andorid

Kelebihan dan kekurangan root Android penting dipahami. Setelah tahu apa saja kelebihannya, kamu tak boleh skip bagian kekurangan di bawah ini. Sebab, kalau tidak benar-benar paham, efeknya begitu buruk.

Berikut kekurangan root Android:

1. Garansi Hilang atau Tidak Berlaku

Seperti penjelasan di awal, bahwa pengguna sangat dilarang untuk melakukan tindakan root. Apalagi jika perangkat yang hendak di-rooting masih baru. Pasalnya, hal ini secara otomatis akan menghilangkan garansi perangkat.

Hal ini terjadi karena dengan melakukan rooting, segel dalam sistem operasi akan terbuka, sehingga klaim garansi tidak dapat dilakukan.

2. HP Jadi Bootlop

Bootlop adalah ketika hp kita dalam kondisi yang terhenti pada bagian logo merek ketika baru dinyalakan. Dengan kata lain, sistem gagal memasuki OS. Hal ini terjadi bisa karena kegagalan dalam melakukan rooting.

3. Kerusakan Permanen

Ini adalah kekurangan root Android yang sangat fatal. Umumnya, masalah ini terjadi karena kegagalan sistem dalam root, dan ada juga karena memaksakan Overclock sehingga hardware menjadi sangat berat, jebol atau rusak.

4. Rentan Serangan Virus

Root Android selain membuka akses bagi kita untuk lebih leluasa dalam memodifikasi sistem, hal ini berlaku juga bagi virus dan malware. Virus jadi lebih leluasa untuk masuk dalam OS Android. Oleh sebab itu, kalian harus berhati-hati dengan masalah ini.

Dengan tindakan root Android, sistem akan sangat rentan terserang rirus maupun malware. Banyak sekali virus bertebaran dengan berbagai macam rancangan seperti untuk mencuri data, merusak, dan melakukan penyadapan.

Sehingga sebelum melakukan root Android, sebaiknya kalian pertimbangkan dengan baik. Kecuali hp yang mau di-root dalam kondisi usang atau tidak lagi berfungsi optimal.

Akhir Kata

Pengetahuan tentang root sangat perlu kita ketahui, selain memiliki kerugian root juga memiliki keuntungan bagi pengguna. Karena pada dasarnya, hal itulah yang dicari dari tindakan rooting.

Demikian ulasan lengkap tentang kelebihan dan kekurangan root Android. Intinya, kalian harus menimbang dari segala faktor sebelum melakukan tindakan ini. Sekian yang dapat Cleardg.com sampaikan, semoga bermanfaat!