Solusi Praktis Mengatasi Meteran Listrik Ada Tulisan Periksa

Apakah kamu pernah melihat tulisan PERIKSA pada meteran listrik? Kalau iya, tetap santai dan jangan terlalu panik. Artikel ini akan mengulas lebih lengkap. Yuk simak!

Masalah apapun yang terjadi pada meteran listrik pasti akan mengganggu. Apalagi kalau tidak segera diatasi, aktivitas di rumah jadi terhambat dan kita merasa kurang nyaman.

Oleh sebab itu, kalau kamu mengalami kejadian meteran listrik ada tulisan periksa, sebaiknya langsung dieksekusi. Jangan didiamkan hingga berhari-hari.

Seperti yang dijelaskan mcblistrik.com, ada beberapa penyebab dan cara mengatasinya masalah tersebut. Baca ulasan berikut, ya!

Meteran Listrik Ada Tulisan Periksa

Kenapa di Meteran Listrik Ada Tulisan Periksa?

Era serba digital seperti sekarang ini membuat kebutuhan listrik terus meningkat. Semua orang butuh listrik untuk menyalakan komputer atau sekedar mengecas hp.

Tentunya, masalah yang muncul akan menghambat aktivitas tersebut. Apalagi jika terjadi pada meteran listrik yang merupakan komponen utama.

Lantas, apa penyebab meteran listrik ada tulisan periksa? Cek penjelasan berikut:

1. Kerusakan Pada Meteran

Kerusakan yang terjadi pada meteran listrik adalah salah satu alasan kenapa muncul tulisan periksa. Ini termasuk respon sistem karena ada komponen yang tidak berfungsi.

Apabila benar demikian, solusi satu-satunya adalah dengan tidak memperbaikinya sendiri. Silakan hubungi PLN untuk tindak lanjut yang lebih terukur.

2. Kebocoran Arus Listrik

Selanjutnya, kebocoran arus listrik juga bisa menyebabkan meteran ada tulisan periksa. Ini sangat berbahaya karena kemungkinan ada kabel yang terkelupas.

Hindari mengecek atau mengutak-atik sendiri karena sangat berbahaya bagi orang awam yang tidak paham kelistrikan. Hubungi teknisi atau langsung ke PLN.

3. Instalasi Kabel Tidak Sesuai

Ketika ingin memasukkan token listrik, terkadang kita menemukan tulisan periksa pada layar meteran. Ini bisa disebabkan karena instalasi kabel yang tidak sesuai.

Hal tersebut membuat arus listrik yang masuk dan keluar berbeda. Sehingga, sistem di meteran menganggap ada kerusakan.

4. Masalah di Tombol Temper

Umumnya, pelanggan yang menggunakan listrik jenis prabayar memiliki meteran dengan tombol khusus. Tombol tersebut berfungsi untuk mengamankan segala gangguan.

Nah, munculnya tulisan periksa mungkin karena cover atau penutup tombol terbuka. Sehingga, temper akan menyala dan menampilkan tulisan periksa pada layar meteran.

5. Kesalahan Grounding

Terakhir, pemasangan ground yang keliru juga bisa jadi penyebab kerusakan meteran listrik. Sebaiknya percayakan kepada ahli jika hal ini terjadi.

Pasalnya, kesalahan grounding bisa karena kelalaian teknisi. Sehingga, kamu hanya perlu menghubungi PLN lewat telepon, aplikasi, atau langsung datang ke kantor.

Cara Mengatasi Meteran Listrik Ada Tulisan Periksa

Setelah tahu penyebabnya, sekarang kita bahas solusi praktis untuk mengatasi meteran listrik ada tulisan periksa. Caranya tinggal hubungi pihak PLN.

Ada 2 opsi, yakni langsung datang ke kantor PLN atau membuat laporan via aplikasi PLN Mobile. Karena lebih praktis, kami sarankan kamu pilih opsi kedua saja.

Kalau bingung caranya, cek langkah-langkah berikut ini:

  • Pertama download dulu aplikasi PLN Mobile
  • Jika sudah, buat akun dengan menambahkan ID Pelanggan
  • Caranya masuk ke Profile > Layanan Saya > Tambah IDPel
  • Setelah itu, masuk ke halaman utama
  • Klik menu Pengaduan, pilih opsi “kWh meter saya menunjukkan periksa”
  • Kemudian klik tombol Ajukan Pengaduan, lalu Mengerti
  • Penting dipahami, pastikan kamu sudah memasukkan alamat yang benar pada “Data Pelanggan”
  • Terakhir tinggal lengkapi data dan lanjutkan

Sampai di sini masalahnya belum selesai. Kamu masih harus mengikuti instruksi yang diberikan pihak PLN. Tunggu saja sampai ada balasan.

Biasanya, pihak PLN akan menghubungi dengan memberikan kode khusus. Kode ini berguna untuk memperbaiki atau clear temper meteran listrik.

Kalau semua panduan di atas diikuti dengan benar, masalah tulisan periksa di meteran pasti akan hilang. Namun, kalau masih ada juga, coba minta teknisi PLN datang ke rumah.

Demikian ulasan tentang penyebab meteran listrik ada tulisan periksa beserta cara mengatasinya. Karena termasuk kerusakan berat, masalah ini memang harus ditangani langsung oleh PLN.